Rabu, 12 Februari 2014

Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : Jambu Biji dan Jinten Hitam

Jambu Biji (Psidium guajava L.)
Jambu biji tersebar di berbagai daerah dan mempunyai bermacam-macam istilah seperti di Sumatera dikenal dengan gilma breven, glimen bera, galiman, masiambu, dan biawas. Di Sulawesi dikenal dengan nama gayawas, bayawat, kayawas, daun jambu, paratulega, dan jambu paratukala. Di Jawa dikenal dengan nama jambu klutuk, bayawas, jambu krutuk, petokal, dan jambu bhender.  Di Maluku dikenal dengan nama kayawase, kejawusu, lainehatu, lutuhatun, dan gajawe. 
Daun jambu biji kaya akan tanin, terpenoid, guajaverin, oleanolic, ursolic acid, asam psidiolat, dan flavonoid. Selain itu juga mengandung polifenol, yang bersifat minyak esensial yang menghambat kerja enzim tertentu dan aktivitas oksidan. Jambu biji dapat membunuh bakteri Aeromonas hydrophila penyebab penyakit bercak merah. 
Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni.
Caranya 4-5gram daun dicacah halus dicampur air 1 liter, selanjutnya dicampur pakan. Cara lain bisa dilakukan yakni 1-2 g daun dicacah halus dan dicampur air sebanyak 5 liter. Air tersebut digunakan untuk perendaman ikan yang sakit selama 48 jam.
Jinten Hitam (Nigella sativa L.)

Jinten hitam ini berasal dari Asia Barat Daya lalu berkembang di seluruh Asia termasuk Indonesia, lalu ke Timur Tengah dan Afrika. 
Tanaman ini mengandung thymokuinone (TQ), dithymoquinone (DTQ), thymohidriquinone (THQ), dan thmol (THY). Kandungan lainnya minyak atsiri, minyak lemak, asam lemak tak jenuh (omega 3 dan omega 6), d-limonena, simena, glukosida, saponin, jigelin, dan higelon.
Jinten hitam berfungsi sebagai immunostimulan, anti penyakit virus, dan antioksidan. Dapat membunuh bakteri Aeromonas hydrophila penyebab bercak merah pada ikan air tawar serta virus KHV. Cara penggunaannya, jinten hitam dihaluskan secukupnya lalu dicampurkan ke pakan.



Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Diskusi Pengobatan Ikan di Facebook : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=629810350409773&set=a.629809820409826.1073741828.206350232755789&type=1&relevant_count=1
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press

Ternak Yang Lain Baca Juga :

1 komentar:

  1. obat ikan, dibuat sendiri, mudah dan murah

    http://tipslele.wordpress.com/2014/10/14/81/

    BalasHapus

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...