Minggu, 02 Februari 2014

Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : Rumput Grinting (Bermuda) dan Bangkongan

RUMPUT GRINTING (BERMUDA) (Cynodan Dactylon)

Tanaman ini berasal dari India dan tumbuh di Indonesia. Rumput bermuda populer digunakan di Padang Golf Indonesia maupun negara lain sekitar khatulistiwa. Rumput bermuda yang tumbuh liar di Indonesia lebih dikenal dengan nama rumput grinting.
Dalam dunia ilmu, rumput ini dikenal dengan nama emCynodon em LC Rich. Rumput bermuda beradaptasi untuk daerah beriklim tropis dan menyebar dengan stolon dan rhizome membentuk lempengan yang tahan bertahun-tahun.

Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni.

Penggunaan dalam penyembuhan ikan yakni melalui pakan dicampur dengan pelet, inkubasi 15 menit dan dilapisi dengan gel, lalu dikeringkan dan disimpan pada suhu kamar.palmitic acid triterpenoid, dan alkaloid ergonovin. Manfaat kandungan tersebut untuk menghilangkan virus yang menyebabkan White Spot Syndrome Virus (WSSV) pada udang Panaeus monodon.
Sebelumnya, 2 gram tanaman dicacah harus ditambah 100 ml air, dan dicampurkan dalam pakan sebagai imunostimulan (pemicu sistem imun). Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini, yaitu sitosterol, karoten, dan vitamin C.

BANGKONGAN (Acacia confusa)
Bangkongan digunakan sebagai obat herbal di Taiwan untuk menurunkan asam urat pada serum darah dan sebagai obat antivirus. Tanaman ini banyak terdapat di Asia Tenggara. Penggunaannya dalam penyembuhan ikan yakni dengan memberikannya sebagai pakan. 
- 250 gram daun bangkongan dikeringkan, dihancurkan, dan dibuat bubuk
- dicampur ke dalam pakan untuk 100 kg ikan. 
Bangkongan mengandung tanin yang dapat menghilangkan bakteri penyebab keradangan, borok, dan bengkak.


Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press

Ternak Yang Lain Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...