Rabu, 05 Februari 2014

Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : Bawang Putih dan Ciplukan

Bawang Putih (Allium sativum L.)

Bawang Putih merupakan tanaman rempah yang berasal dari Asia Tengah (Cina dan Jepang) yang beriklim subtropis. Kemudian tanaman ini menyebar ke seluruh Asia dan Eropa, sampai akhirnya ke seluruh dunia. Di Indonesia, bawang putih dikenal dengan naman lasun (Aceh), dasun (Minangkabau), bawang bodas (Sunda), dan incuna (Nusa Tenggara).

Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni. 

Penggunaannya dalam penyembuhan ikan yaitu melalui perendaman.
- 25 mg bawang putih dihaluskan dan dicampur 1 liter untuk perendaman ikan sakit
- untuk penyakit Koi Herves Virus (KHV) sebanyak 30 gram dalam 100 ml air
Bawang putih mengandung minyak atsiri dan allicin yang berfungsi menghilangkan bakteri penyebab penyakit bercak merah Aeromonas hydrophila pada ikan patin dan penyakit KHV pada ikan mas.
Selain itu, menghilangkan parasit Ich dan cacing Trichodina sp yang menyebabkan gatal dan bintik putih pada benih ikan air tawar.


Ciplukan (Physalis angulata L.)

Tumbuhan ini asli dari Amerika dan telah tersebar secara luas di berbagai daerah tropis dunia. Ciplukan di Indonesia merupakan tumbuhan liar berupa semak/perdu yang rendah (biasanya tingginya sampai 1 meter) dan mempunyai umur kurang lebih 1 tahun. Tumbuhan ini subur di dataran rendah sampai ketinggian 1550 meter dpl, tersebar di tanah tegalan, sawah-sawah kering, serta dapat ditemukan di hutan-hutan jati. Bunganya berwarna kuning, buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan bila masih muda, tetapi bila sudah tua berwarna hijau kekuningan bila masih muda, tetapi bila sudah tua berwarna cokelat dengan rasa asam-asam manis. Buah Ciplukan yang muda dilindungi campak (kerudung penutup buah). 

Penggunaanya dalam penyembuhan ikan yaitu melalui perendaman.
- Daun dan buahnya direbus (15-30 gram) dalam 100 ml air atau kering (5-10 gram) dalam 100 ml air lalu digunakan untuk perendaman.

Ciplukan mengandung asam klorogenat, elaidic acid, dan physalin yang berfungsi menghilangkan bakteri penyebab radang, bengkak, dan kemerahan atau borok.

Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Diskusi Pengobatan Ikan di Facebook : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=629810350409773&set=a.629809820409826.1073741828.206350232755789&type=1&relevant_count=1 
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press

Ternak Yang Lain Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...