Sabtu, 25 Januari 2014

Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : AKAR KUNING DAN BABANDOTAN

Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni.

AKAR KUNING (Arcangelisia flava Merr)

Akar kuning merupakan tanaman obat yang banyak tersebar di hutan Kalimantan. Akar kuning mengandung alkanoid yang bermanfaat untuk memusnahkan kelompok parasit dan protozoa, seperti Ichthyophthirius multifiliis penyebab penyakit bintik putih serta Trichodina spp. dan Epistylis spp.

Cara Pembuatan Herbal Akar Kuning :
- Daun, batang, dan buah direndam dalam air
- Kemudian dicacah halus dah dicampur air
- Airnya digunakan untuk merendam ikan yang terinfeksi parasit 





BABANDOTAN (Argeratum conyzoides L.)

Babandotan banyak terdapat di Sumatera, Jawa Barat, dan Madura. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 2100 m dpl dengan habitat ladang tandus, padang rumput, pinggir jalan, dan kebun. Daun babandotan dapat digunakan sebagai pakan ikan. Daun segar disebarkan ke kolam secara merata, 30 kg daun diberikan sebagai pakan untuk 100 kg ikan selama beberapa 5-7 hari berturut-turut. Untuk transportasi ikan + 200 ekor benih ukuran 1 inch, dapat digunakan 20 lembar daun per 50 liter air.
Babandotan mengandung asam amino B-sitosterol, ageratochromene, friedelin, minyak terbang kumarin, potasium klorida, stigmaterol, organacid saponin, flavonoid polifenol, dan minyak atsiri. Zat-zat yang terkandung dalam babandotan tersebut dapat menghilangkan penyakit ikan yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila penyebab borok dan bercak merah serta Streptococcus agalactiae penyebab ikan berenang tidak beraturan dan mata menonjol.

Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Diskusi Pengobatan Ikan di Facebook : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=629810350409773&set=a.629809820409826.1073741828.206350232755789&type=1&relevant_count=1 
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press

Ternak Yang Lain Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...