Sabtu, 29 Oktober 2011

PELUANG USAHA BETERNAK BEBEK ! PALING TOP !

Itik / Bebek yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia saat ini merupakan Itik / Bebek pendatang yang sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan alam Indonesia, maka disebut Itik / Bebek lokal Indonesia. Pada tahun 1998, populasi Itik / Bebek di Indonesia mengalami penurunan karena sebagian peternak tidak mampu membeli pakan ternak akibat krisis moneter akhir tahun 1997, namun meningkat kembali pada tahun 1999 sehingga pada tahun 2001 populasinya 29.905.705 ekor (Deptan, 2001).

DAPATKAN BUKU-BUKU CARA BETERNAK BEBEK
KLIK GAMBAR UNTUK PEMESANAN VIA FACEBOOK
PESAN VIA SMS 0852.57090.372
JUDUL BUKU/KOTA/PROPINSI
Itik / Bebek lokal Indonesia pada umumnya dipelihara sebagai penghasil telur. Sumbangan telurnya menduduki urutan kedua setelah telur ayam ras (Deptan, 2001). Sampai saat ini pemanfaatannya masih terbatas pada pembuatan telur asin.
Sentra-sentra populasi Itik / Bebek di Indonesia terdapat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam, Kalimantan Selatan dan Jawa Timur. Pada daerah tersebut terbentuk kelompok-kelompok tani yang melakukan pengembangan dan pembibitan.
Itik / Bebek lokal Indonesia disebut Indian Runner.Berdasarkan daya adaptasi terhadap lingkungan sekitarnya, Itik / Bebek mempunyai ciri-ciri luar yang khas yang berbeda pada setiap daerah. Itik / Bebek Tegal (berkembang di Jawa Barat dan Jawa Tengah), bentuk badannya seperti botol, warna bulunya bervariasi dengan paruh dan kaki hitam. Itik / Bebek Magelang (di Magelang Jawa Tengah), pada bagian lehernya terdapat warna putih melingkar seperti kalung. Itik / Bebek Mojosari (di Mojokerto Jawa Tengah), warna bulu kemerahan dengan variasi coklat, hitam, putih, paruh dan kaki berwarna hitam. Itik / Bebek Bali (di Bali dan Lombok), warna bulunya lebih terang, umumnya memiliki jambul. Itik / Bebek Alabio, (dari Amuntai, Kalimantan Selatan), memiliki warna bulu relatif seragam, paruh dan kaki berwarna kuning.
Pada umumnya Itik / Bebek-Itik / Bebek tersebut sebagai penghasil telur dan sudah tidak mempunyai sifat mengeram. Tampaknya dari jenis-jenis Itik / Bebek di atas, Itik / Bebek Mojosari dan Alabio yang lebih unggul. Hal ini terbukti bahwa kedua jenis Itik / Bebek lokal tersebut pada saat ini dijadikan sebagai bahan Itik / Bebek unggul di Indonesia (Itik / Bebek MA).
Pada umumnya pemeliharaan Itik / Bebek dilakukan secara tradisional (ekstensif). Hal ini dilakukan oleh peternak yang Itik / Bebeknya belum terseleksi, terutama di daerah-daerah persawahan atau rawa-rawa. Seleksi dilakukan pada pemeliharaan Itik / Bebek secara semi-intensif atau intensif , dimaksudkan agar produksi telur minimal 60%. Adapun budidaya Itik / Bebek sendiri dapat dikelompokkan menjadi : (1) usaha pembesaran dari umur satu hari sampai 18/22 minggu; (2) usaha produksi telur, dari umur 18/22 minggu sampai diafkir; dan (3) usaha Itik / Bebek dari umur satu hari sampai diafkir.
Hasil budidaya ternak Itik / Bebek petelur terdiri atas hasil utama, sampingan dan limbah. Hasil utama berupa telur, hasil sampingan berupa Itik / Bebek afkir dan bulu dan limbah berupa feses. Produksi telur Itik / Bebek pada tahun 1998 dan 1999 mengalami penurunan masing-masing sebesar 13.6 dan 15.2%, sedangkan setelah tahun 1999 produksi telur Itik / Bebek terus meningkat dengan pertumbuhan rata-rata 15% per tahun (Deptan , 2001) dengan kontribusi antara 18 – 33% dari total produksi telur.
Telur Itik / Bebek selain dapat dimanfaatkan dalam bentuk segar, juga dapat diolah menjadi martabak, telur gembung, kerupuk dan telur asin (yang paling popular). Itik / Bebek afkir dapat diolah menjadi gulai Itik / Bebek cabai hijau, bebek goreng, abon, baso, nugget atau olahan lainnya, sedangkan bulu dapat dijadikan bahan pengisi kasur, bantalan kursi, jaket, hiasan dinding, penjepit rambut atau kerajinan tangan lainnya. Feses dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang atau pakan ikan lele/belut.
Penggunaan telur Itik / Bebek sebagai bahan baku telur asin tidak dapat digantikan oleh telur unggas lain. Telur asin yang berkualitas baik adalah yang kuning telurnya masir (berminyak), tetapi putih telurnya tidak terlalu asin. Prospek dan peluang pasarnya masih terbuka luas, karena telur asin dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama daripada telur segar. Telur asin sebenarnya dapat menjadi komoditi ekspor jika telur tersebut bebas Salmonella, proses pembuatannya higienis dan hasilnya berkualitas baik (kuning telur masir tetapi putih telur tidak terlalu asin).
Sentra produksi telur asin sampai saat ini adalah kota Brebes, Jawa Tengah. Jumlah unit usahanya terus berkembang. Pada tahun 1997 terdapat 45 unit usaha, sedang pada tahun 2001 telah menjadi 57 unit usaha. Volume produksi telur asin tiap tahun mengalami kenaikan. Pada tahun 1997 berjumlah 11.410.400 butir dan pada tahun 2001 berjumlah 13.424.000. Omzetnya pada tahun 2002 mencapai lebih dari 12.7 miliar (Republika, 4 September 2002).
Untuk mendirikan usaha ternak Itik / Bebek, diwajibkan untuk memperoleh izin pendirian usaha yang diberikan oleh Gubernur KDH TK 1 untuk skala usaha 15.000-25.000 ekor, dan oleh Dirjen Peternakan untuk skala usaha di atas 25.000 ekor diberikan. Pada skala usaha < 25.000 ekor, tidak perlu mengurus perijinannnya (dianggap usaha rumah tangga).
Lokasi peternakan dianjurkan:
    cukup jauh dari suara gaduh;
    tidak terlalu dekat dengan pemukiman;
    sejuk, tidak terkena langsung sinar matahari atau angin kencang;
    dekat sumber air;
    dekat sumber pakan.

Sistem pemeliharaan Itik / Bebek yang ada di masyarakat saat ini adalah ektensif, semi-intensif dan intensif. Bangunan kandang Itik / Bebek tergantung pada sistem pemeliharaannya Pada pemeliharaan semi-intensif/intensif bangunan kandang harus membuat ternak dan peternaknya aman dan nyaman. Jarak kandang anak dengan yang dewasa sekitar 50 m, untuk ruang gerak Itik / Bebek dewasa membutuhkan 0.3-0.5 m2 per ekor, tinggi kandang minimal 2 m, lebar kandang maksimal 8 m, dinding kandang terbuat dari kawat/bilahan bambu, kandang cukup terang, alas mudah dibersihkan dan tanah sekeliling kandang drainasenya baik.
Pemeliharaan secara ekstensif ditandai dengan sebagian besar ternak mencari pakannya sendiri, produksi telurnya rendah (tergantung ketersediaan pakan), dan seleksi Itik / Bebek sulit. Pada pemeliharaan semi-intensif, sepenuhnya atau sebagian besar pakan disediakan peternak, dan pada pemeliharaan intensif pakan sepenuhnya disediakan peternak. Produksi telur dengan pemeliharaan semi-intensif/intensif lebih tinggi dan seleksi Itik / Bebek dapat dilakukan lebih mudah. Jumlah Itik / Bebek yang dipelihara pada sistem ini per kelompok sebaiknya terdiri atas 50-100 ekor.

Keberhasilan usaha ternak Itik / Bebek tergantung pada: bibit, pakan dan manajemen. Bibit Itik / Bebek yang unggul seperti ayam ras, saat ini belum ada Sampai saat ini, di Indonesia, usaha pembibitan ternak Itik / Bebek masih berupa usaha rakyat dengan skala usaha tergantung pada pesanan dan teknologi penetasan sederhana.

Pada usaha pembesaran, peternak dapat memperoleh DOD dari usaha penetasan atau usaha budidaya Itik / Bebek petelur (bibit) atau menetaskan sendiri dari telur induk yang dipelihara peternak yang bersangkutan. Pada usaha produksi telur Itik / Bebek, peternak dapat memperoleh Itik / Bebek dara yang berasal dari usaha pembesaran dan pada industri telur asin, telur segar dapat diperoleh dari usaha produksi telur.
Oleh karena itu setiap tahap pemeliharaan harus selalu diseleksi. DOD harus dipilih yang berkualitas/berpenampilan fisik baik, dipelihara dengan baik dan bertelur pertama pada saat yang tepat. Selama periode produksi juga harus selalu dilakukan seleksi, karena berdasarkan pengalaman, dari sejumlah Itik / Bebek yang dipelihara, yang tingkat produksinya tinggi (di atas 70%) berkisar antara 30-50%. Seleksi dapat dilakukan melalui pengukuran jarak rentang tulang pubis. Bila Itik / Bebek dipelihara dengan tujuan menghasilkan telur tetas, maka diperlukan Itik / Bebek jantan dengan perbandingan satu pejantan untuk 6-10 ekor betina.

Bahan baku ternak Itik / Bebek dapat diperoleh dengan cara memesan terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu dengan pembayaran di muka atau cash and carry. Kondisi bahan baku pada setiap unit usaha tergantung pada tehnik budidaya dan penanganan telur di tingkat pembudidaya, rantai tata niaga dan di industri pembuatan telur asin. Berdasarkan informasi pada bulan Oktober 2002, harga DOD berkisar antara Rp. 3.000 – Rp. 5.000,- per ekor; harga Itik / Bebek dara antara Rp. 26.000 – Rp. 32. 000,- per ekor dan harga telur tik segar antara Rp. 600 – Rp. 750,- per butir.

Pakan menjadi faktor yang sangat penting dalam usaha budidaya Itik / Bebek, karena dalam pemeliharaan secara intensif, biaya pakan dapat mencapai 60-70% dari total biaya produksi (Murtidjo, 1999). Kandungan nutrisi dan jumlah pakan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan. Saat ini pabrik pembuat pakan khusus untuk Itik / Bebek masih jarang, sehingga umumnya peternak meramu sendiri yang terdiri atas pakan konsentrat buatan pabrik yang dicampur dengan bahan baku pakan lokal yang tersedia di daerah masing-masing (menir, dedak, jagung, keong mas, rucah dll).
Pola produksi telur Itik / Bebek pada umumnya sebagai berikut: mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, bertelur (fase pertama) selama sekitar 6 bulan, lalu rontok bulu (istirahat bertelur) sekitar 2 bulan dan bertelur kembali untuk fase kedua sekitar 5 bulan. Oleh karena itu jumlah Itik / Bebek yang akan dipelihara per siklus dan jadwal pemasukan Itik / Bebek dara harus direncanakan dengan baik sehingga produksi telur Itik / Bebek berkesinambungan sesuai dengan permintaan konsumen. Kepadatan kandang, suhu lingkungan, jumlah tempat pakan, jumlah tempat air minum, kualitas dan kuantitas pakan harus disediakan sesuai dengan kebutuhan (umur ternak). Pencegahan terhadap penyakit harus dilakukan secara teratur. Untuk menjamin keamanan konsumen, penanganan telur dan proses produksi telur asin harus dilakukan dengan baik dan higienis.
Indonesia adalah negara ketiga penghasil produk Itik / Bebek setelah Cina dan Vietnam (WHO, 1999). Negara lainnya adalah Thailand, Bangladesh, Malaysia, Filipina dan alinnya. Sampai saat ini ekspor Itik / Bebek lokal atau telur asin masih belum ada, karena keragamannya masih tinggi dan kualitasnya masih belum memenuhi syarat ekspor. Pada umumnya peternak memasarkan hasil usahanya langsung ke konsumen atau ke pedagang pengumpul, yang kemudian akan disebarkan ke pedagang pengecer baru ke konsumen.
Seringkali harga telur ayam ras atau DOC ayam ras berfluktuasi tak menentu. Hal tersebut jarang bahkan dapat dinyatakan tidak terjadi pada produk-produk ternak local seperti pada ayam kampung dan Itik / Bebek. Harga telur Itik / Bebek maupun DOD dari tahun ke tahun meningkat.
Tingkat resiko beternak Itik / Bebek secara komersial tergantung pada manajemen yang dilakukan.
Beberapa persyaratan aspek teknis produksi yang perlu dipenuhi:

    Bibit : Bibit yang digunakan adalah hasil seleksi, yang dipelihara unggul dengan tingkat produksi minimal 70% pada siklus pertama (6 bulan) dan minimal 60% pada siklus kedua (5 bulan) dengan masa istirahat (rontok bulu) dua bulan.
    Pakan : mengingat biaya pakan mencapai 70% dari total biaya produksi, kandungan nutrisi pakan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak banyak yang tercecer.
    Kepadatan Kandang dan Peralatannya : Itik / Bebek sebaiknya dipelihara sekitar 3 ekor per meter persegi dan dalam satu kelompok disarankan berkisar antara 50-100 ekor dewasa. Tempat pakan yang disediakan harus menjamin semua Itik / Bebek dapat makan bersama-sama sehingga keragaman pertumbuhan dan produksi telur rendah.
    Pencegahan Penyakit : Itik / Bebek yang dipelihara harus sehat, agar pertumbuhan dan tingkat produksinya maksimal.
    Mortalitas : Tingkat kematian dari umur sehari sampai diafkir maksimal 5%.
    Tenaga Kerja : Penggunaan tenaga kerja juga harus dibatasi agar ekonomis. Untuk pemeliharaan sebanyak 1000 ekor, penggunaan tenaga kerja maksimal adalah dua orang.
    Penanganan Telur : Penanganan produksi telur baik telur juga harus efisien, hati-hati dalam pengambilan, penyimpanan dan pengiriman dengan tingkat kerusakan maksimal 5%.

Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan pengetahuan peternak mengenai teknologi budidaya, serta pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan pasca panen. Dengan demikian dapat meningkatkan nilai tambah dari Itik / Bebek tersebut.

usaha ternak bebek (136), Peluang usaha ternak bebek (47), ternak bebek yang baik (24), peluang ternak bebek (23), bisnis ternak bebek (21), usaha peternakan bebek (18), alamat peternak bebek sekitar surabaya (18), usaha ternak itik (17), lokasi penternakan ITIK (17), ternak bebek mojosari (13), resiko ternak bebek (9), proposal ternak itik petelur (8), tentang peternakan telor (8), usaha budidaya bebek (7), proposal usaha peternakan bebek (7), makalah peternakan (6), artikel ternak bebek (5), peternak bebek di jawa barat (5), pakan ternak bebek (5), usaha ternak lele (5), peluang beternak bebek (5), cerpen tentang peternak bebek (5), cara menjual telur asin bebek (5), ekspor bebek (5), ekspor itik (5), ekspor telur bebek (5), proposal usaha ternak itik skala besar (5), prospek bisnis budidaya itik (4), ternak bebek bali (4), cara mengurus bebek (4), usaha beternak bebek (4), resiko beternak bebek (4), peternak bebek mojosari (4), peternakan bebek di magelang (4), prospek bisnis bebek pedaging (4), modal beternak bebek potong (4), ternak itik mojosari (4), proposal usaha bebek (4), peluang usaha peternakan bebek (4), pemasaran ternak bebek (4), agar telur itik maksimum (4), www ukm ternak (4), peluang bisnis peternakan di ntb (4), usah ternak bebek (3), peluang usaha peternakan itik (3), jenis makanan ternak itik/bebek pada periode dewasa (3), gambar cara ternak itik peking di kalimantan (3), prospek bisnis ternak bebek (3), proposal peternakan bebek (3), info peluang usaha budidaya bebek (3), ternak bebek lokal (3), tahap budidaya bebek putih (3), ternak bebek di lombok (3), ternak bebek di bali (3), dibeli telur asin untuk kebutuhan ekspor (3), ciri telur bebek berkualitas baik (3), peternakan bebek di provinsi Jawa Barat (3), peternak bebek di mojosari (3), peternak bebek di bali (3), peluang usaha budidaya bebek (3), kerjasama usaha bebek (3), jenis budidaya ternak itik (2), prospek bisnis telur bebek (2), peluang bisnis ternak bebek (2), proposal wirausaha berternak bebek (2), data statistik harga telur itik (2), ciri telur asin yang baik (2), proposal usaha ternak bebek (2), Peluang berternak itik (2), siklus telur bebek (2), harga bebek dari peternak bebek di mojosari (2), harga bebek dara (2), seminar ternak bebek surabaya (2), ekspor telur asin 2010 (2), dimana bibit itik alabio diperoleh (2), rantai tataniaga budidaya jahe (2), doc makalah ttg UKM di magelang (2), doc pakan bebek (2), peluang ternak itik (2), sentra ternak bebek di jawa timur (2), peluang usaha telur bebek surabaya (2), prospek usaha ternak bebek petelur di NTB (2), peluang usaha dalam ternak bebek (2), prospek usaha ternak bebek petelur (2), rincian biaya usaha ternak bebek (2), prospek budidaya bebek (2), peluang usaha ternak bebek UKM (2), pelihara dolong (2), peternakan telur bebek (2), peternakan bebek di tegal (2), makalah peternakan bebek (2), jumlah telur itik magelang (2), peternakan bebek di jawa barat (2), kebutuhan telur itik (2), kerja sama peternakan bebek (2), peternak itik alabio di magelang (2), kerjasama budidaya bebek (2), mengurus bebek (2), kondisis peternakan bebek tahun 2010 (2), penjual bebek karet (2), peternak bebek di magelang (2), peternak bebek di jawa tengah (2), mencari itik mojosari jateng (2), makalah ternak bebek (2), perusahan exportir bulu bebek (2), permintaan bebek potong di aceh (2), pengrajin telur asin (2), PROPOSAL USAHA BEBEK PETELUR (2), pelihara bebek (2), pembesaran ternak itik peking (2), ijin yang diperlukan ke pemerintah untuk ternak bebek di kabupaten bekasi (2), proposal ternak bebek (2), pluang usaha ternak bebek (2), pasar export untuk teur (2), info harga bebek jawa di magelang (2), itik dolong (2), itik magelang kalung (2), izin ekspor telur (2), proposal bisnis peternakan bebek pedaging (2), pakan ternak itik (2), proposal bisnis peternakan bebek (2), jenis-jenis peluang usaha peternakan bebek (2), populasi bebek (2), penetas itik amuntai (2), peternak bebek amuntai (2), bisnis peternakan bebek (2), bebek jawa tengah (2), bibit unggul bebek (2), aspek produksi telur baca (2), ternak bebek di jawa barat (2), artikel beternak bebek (2), cara ekspor bebek (2), beternak bebek bali (2), ternak bebek jawa tengah (2), bisnis ternak bebek peking saat ini (2), artikel ternak bebek petelur (2), usaha telur itik tetas bekasi 2011 (2), cara membuat pakan ternak bebek (2), usaha bebek ternak (2), pengurusan izin peternakan belut (2), biaya perawatan bebek (2), cara budidaya bebek dan ikan lele (2), beternak bebek lokal (2), TERNAKITIK MOJO SARI (2), skema pemeliharaan ternak itik (2), www ternakbebekjawabarat com (2), usaha peternakan telur (2), budidaya itik di lombok tengah (2), usaha peternakan telur bebek (2), agent telor itik bali (2), cara pengurusan perizinan peternakan belut (2), cara ternak bebek pedaging (2), perternaan bebek potong jatim (1), usaha bebek untuk ternak (1), Perusahaan pakan ternak baru dijawa barat (1), pertumbuhan ternak itik petelur dari tahun ke tahun (1), peternak bebek dintb (1), usaha bebek petelur dijateng (1), usaha pembesaran bebek pedaging tahun 2011 (1), usaha beternak itik (1), peternak bebek (1), usaha pemotongan bebek di bali (1), peternak bebek amuntai kalsel (1), PETERNAK AYAM MODOPURO DI MOJOKERTO (1), peternak bebek bertelur (1), peternak bebek di amuntai kalimantan selatan (1), usaha pelihara bebek (1), peternak bebek di jateng (1), petelur bebek dari kota kalimantan selatan (1), perusahaan ternak ekspor (1), perusahaan pakan ternak di mojosari (1), usaha bebek peking (1), peternak bebek jatim co id (1), peternakan bebek di jawa tengah (1), tpesanan itik ternak lombok (1), peternak bebek jawa tengah (1), ternak Telur bebek (1), ternak sentral itik di lombok (1), peternakan bebek jawa barat (1), peternakan bebek magelang (1), peternakan bebek peking daerah jawa barat (1), peternakan itik lombok (1), peternakan itik mojosari (1), Ternak itk pedagang (1), ternak itik serati (1), peternakan telur bebek jatim (1), TRIK BUDI DAYA BEBEK TELOR ASIN (1), peluang usaha ternak bebek balap (1), peternakan bebek aceh (1), usaha bebek jawa (1), peternak bebek petelur di bali (1), peternak bebek petelur di jawa tengah (1), peternak bebek petelur mojosari daerah jawa barat (1), umur rontok bulu pertama bebek petelur (1), peternak bebek ukm (1), peternak ikan magelang (1), umur pertama bertelur itik magelang (1), peternak itik di magelang (1), ukm telur asin di jawa tengah (1), peternak itik kalung di magelang (1), peternak itik magelang (1), peternak telor bebek jawa tengah (1), photo kampung peternak bebek brebes (1), peluang usaha dijawa barat (1), peluang usaha ternak unggas di indonesia (1), peluang usaha ternak unggas itik jantan (1), usahaternak bebek (1), usahaitikbali (1), pemanfaatan peternakan lele untuk berternak bebek (1), pemanfaatan telor bebek sebagai sentral usaha (1), USAHA TERNAL BEBEK (1), usaha ternak jawa barat (1), pembeli bebek di jateng (1), pembeli telur bebek (1), pembesaran bebek pedaging (1), usaha ternak hewan (1), pembuatan makanan ternak bebek (1), usaha ternak bebek tahun 2011 (1), usahaternakbebek (1), usia produksi bebek (1), peluang usaha distributor telur itik (1), peluang usaha kerja sama ternak bebek (1), www usaha peternakan (1), www usaha bebek (1), www produksi telur bebek supaya baik (1), www peluang usaha beternak bebek (1), peluang usaha produksi di magelang (1), peluang usaha produksi pakan ternak (1), www harga telor asin jawa timur (1), peluang usaha telur di bali (1), peluang usaha telur itik (1), www artikel ternak bebek com (1), wirausaha bebek potong (1), peluang usaha ternak bebek pedaging (1), pembuatan pakan itik (1), penanganan ternak bebek petelur (1), usaha sampingan ternak itik (1), penjual itik dara (1), penyakit bebek itik terhadap penurunan produktivitas (1), perbandingan bebek jantan dan betina dalam 1000 ekor (1), perbandingan bebek petelur jantan dan betina dalam satu kandang (1), perbandingan harga telur ayam dan telur itik (1), perbandingan jantan dan betina untuk ternak bebek dalam satu kandang (1), perbandingan konsentrat dan pakan bebek kandang petelur (1), perbandingan ternak itik (1), perbedaan dod kalung dan mojosari (1), perencanaan bisnis budidaya telor asin (1), perencanaan keuangan bisnis peternakan (1), perincian usaha ternak bebek terbaru (1), jual telur ayam kampung di modopuro mojosari (1), penjual itik dan bebek (1), usaha telur asin di aceh (1), usaha ternak bebek potong (1), pengalaman beternak itik pedaging (1), pengalaman beternak itik petelur (1), PENGALAMAN ternak bebek petelur (1), pengekspor telur itik di kalimantan selatan (1), pengepul bebek di bali 2011 (1), pengguna telor bebek (1), pengolahan limbah bulu itik (1), usaha ternak bebek amuntai (1), www usaha ternak bebek (1), penjual bebek (1), penjual bebek di bali (1), usaha telur bebek dilombok (1), penjual bebek jambul (1), permintaan itik bebek petelur (1), telur asin ekspor (1), rantai tataniaga budidaya durian (1), TATA NIAGA PERTANIAN DALAM USAHA BUDI DAYA PISANG (1), proposal usaha bebek potong (1), supplier itik bali (1), rencana anggaran biaya beternak bebek petelur (1), resensi beternak bebek (1), sntra ternak bebek peking (1), skripsi usaha ternak bebek (1), resiko beternak bebek peking (1), skripsi usaha telur asin (1), resiko beternak itik (1), resiko investasi seorang peternak itik petelur (1), resiko peternakan itik#sclient=psy-ab (1), Skripsi tentang ternak bebek (1), rab ternak itik/bebek (1), pusat peternakan bebek potong di jawa timur (1), prospek pemasaran telur bebek di daerah jawa barat (1), telur asin bebek bali (1), prospek pengembangan usaha itik di aceh (1), prospek pengembangan usaha ternak itik (1), prospek usaha apa di aceh yang bagus (1), prospek usaha bebek peking (1), telor bebek di jawa barat (1), TELOR BEBEK BSLI (1), tekologi budidaya bandeng menurut murtidjo 1999 (1), prospek usaha ternak bebek petelur di NTB tahun 2010 (1), tata niaga telur itik (1), prospek usaha ternak itik (bebek) (1), prospek usaha ternak itik di NTB (1), prosper usaha apa yang bagus di aceh darussalam (1), resiko usaha itik petelur (1), resiko usaha telur asin (1), resiko utama dalam beternak bebek (1), sentra ternak bebek/dan pemeliharaan (1), Sentra ternak bebekpeking bebek tegal (1), sentral bebek petelur (1), sentral itik (1), sentral telor bebek d jawa barat (1), sentral ternak bebek potong (1), sentral ternak magelang (1), sifat kimia nugget daging itik lokal (1), siklus ayam bertelur (1), siklus bertelur ayam ras (1), siklus bertelur bebek (1), siklus itik petelur (1), skema kandang bebek petelur magelang (1), sistem pemasaran itik pedaging di aceh besar (1), skripsi peternakan itik serati (1), sentra telur itik di jawa barat (1), skripsi telur tetas itik alabio (1), rincian usaha beternak bebek (1), risiko peternakan bebek (1), RISIKO PETERNAKAN KOLAM IKAN (1), sekilas peternakan telur (1), skripsi produksi UKM Telor asin (1), sentra bebek di jawa tengah (1), sentra bebek potong (1), sentra itik bali (1), skripsi peternakan tentang telur asin (1), sentra penjual dod bebek peking dan harganya (1), sentra peternak bebek dijawa timur (1), sentra telur bebek jawa tengah (1), sentra telur itik (1), sistem pemeliharaan itik di indonesia (1), pola bebek dan telurnya (1), proposal bebek petelur (1), sentra pengrajin telur asin (1), ternak bebek yg baik (1), ternak bebek th 2011 (1), proposal budidaya bebek (1), proposal budidaya itik petelur (1), proposal kelompok tani bebek (1), proposal kelompok tani ternak bebek peking (1), ternak bebek telur asin (1), proposal kelompok ternak itik (1), Proposal kewia usahaan produksi telor asin (1), proposal kewirausahaan telur asin asap (1), proposal manajemen pemeliharaan ternak itik petelur (1), ternak bebek telur 2010 (1), proposal bebek peking (1), Produktivitas Telur Bebek Mojosari per hari (1), ternak itik jawa tengah (1), populasi bebek di bali (1), populasi bebek potong (1), populasi peternakan itik di ntb (1), Potensi bisnis amuntai kalimantan selatan (1), potensi usaha telur bebek (1), produksi bebekdi indonesia (1), produksi itik magelang kalung kedu (1), produksi telur bebek (1), produksi telur di aceh tahun 2010 (1), ternak itik dibali (1), produksi telur itik (1), produksi telur itik mulai umur 22 minggu (1), produksi teluritik (1), proposal pendirian beternak bebek (1), proposal peningkatan peternak bebek (1), proposal pertenakan itik (1), proposal usaha ternak itik (1), proposal usahapenetsan telur bebek (1), tempat jual itik di jawa barat (1), proposal wirausaha itik (1), proposal wirausaha telur ayam (1), proposal wirausaha ternak itik (1), prospek bebek makalah (1), prospek berternak itik (1), telur tetas bebek 2011 (1), telur itik telur asin telur bebek (1), telur itik 2011 (1), TELUR BEBEK PER TAHUN (1), telur bebek 2011 (1), telur asin lombok bebek itik (1), proposal usaha ternak bebek petelur (1), tempat pemasaran telur itik di jawa timur (1), Ternak bebek potong terbesar di jateng (1), Ternak bebek petelur yg baik (1), proposal rab budidaya ayam bebek (1), ternak bebek peking di magelang (1), proposal rab ternak itik (1), proposal ternak (1), proposal ternak itik (1), ternak bebek indonesia (1), ternak bebek di magelang (1), Ternak be2k coklat (1), Proposal usaha budidaya itik (1), proposal usaha dasar ternak itik (1), proposal usaha pemeliharaan bebek pedaging (1), tentang hewan itik bali (1), prospek bissnik ternak bebek (1), CARA BETERNAK BEBEK DOLONG (1), ciri bebek umur 6 bulan (1), ciri - ciri telur ayam niaga petelur (1), centra bebek di bali (1), cari telur bebek magelang (1), cari bebek dijawa barat (1), cari bebek dara (1), cari agen telor bebek di wilayah jawa timur (1), cara ternak telur bebek yang baik (1), ciri bebek umur 7 bulan (1), ciri bibit itik yang baik (1), ciri-ciri telur itik pejantan (1), ciri-ciri bebek kalung adalah (1), Ciri telur bebek bermutu baik (1), ciri telur be2k betina n jantan (1), ciri perusahaan peternakan di Indonesia (1), ciri ciri telur itik yang baik untuk pembuatan telur asin (1), ciri ciri telur bebek baik (1), ciri ciri itik petelur (1), cara ternak bebek potong (1), cara ternak bebek peking (1), cara ekspor telur asin (1), cara budidaya itik bali (1), cara budidaya bebek rawa (1), cara budidaya bebek lokal (1), cara buat pakan ternak bebek (1), cara beternak itik lokal (1), cara beternak bebek petelur kalimantan selatan (1), CARA BETERNAK BEBEK KALUNG (1), CARA EXPORT TELUR BEBEK (1), cara jual telur bebek (1), cara pertenak bbek yang unggul (1), Cara pengurusan izin ternal belut (1), Cara pengurusan bebek yang benar (1), cara pengurusan bebek pedaging (1), cara mengurus bebek petelur (1), cara membuat pakan bebek sendiri (1), cara membuat pakan bebek pedaging (1), cara membuat izin ternak bebek (1), ciri2 telur bebek segar (1), ciri2 telur yg baik untuk di tetas kan untuk itik petelur (1), ekpor telur itik dari indonesia (1), download proposal ternak itik/bebek untuk kelompok tani (1), dod itik petelur bali (1), DOD bebek petelur Jawa Barat (1), dod bebek peking jawa barat (1), distributor penyalur unggas bebek di mojosari (1), distributor bebek amuntai kalsel (1), dimana mengurus izin export pertenakan (1), ekspor daging bebek (1), Ekspor telor itik (1), gambar itik/bebek (1), gambar itik kalung (1), gambar bebek umur satu minggu (1), Export bebek (1), eksportir bebek (1), eksport unggas bebek (1), eksport daging bebek (1), ekspor unggas bebek (1), dilingkungan seperti apa yg cocok untuk memelihara ayam dan bebek (1), dibutuhkan exportir bebek (1), daerah daerah yang memiliki populasi itik (1), contoh proposal usaha ternak bebek (1), contoh proposal usaha peternakan bebek (1), contoh proposal ternak bebek (1), contoh proposal pakan bebek (1), contoh proposal kelompok tani ternak unggas (1), contoh proposal adaptasi bebek (1), contoh makalah yang berhubungan dengan itik tegal (1), daerah penghasil bebek (1), daerah penghasil pembuat martabak (1), di cari pembeli telur itik (1), di cari agen bebek (1), data statistik telur asin di daerah mojokerto (1), data bps populasi itik di jawa tengah (1), dampak wirausaha itik petelur terhadap lingkungan (1), daftar produksi telur itik (1), daftar alamat petani ternak itik kalung jawa tengah (1), daftar alamat perternak bebek atau itik (1), gambar teknologi penetasan bebek peking (1), cara beternak bebek dan peluang usahany (1), aceh bebek bagus (1), bebek amuntai kalimantan selatan (1), bebek 2011 (1), bangunan bebe k peking (1), bali ternak bebek (1), bahan baku untuk pakan bebek petelur (1), bagus mana beternak ayam kampung atau bebek (1), bagaimana?cara bebek beradaptasi (1), bagaimana gambar rantai tataniaga kakao (1), bebek export (1), bebek gif (1), bebek peking mojosari (1), bebek peking kalimantan (1), bebek peking ekspor (1), bebek pedaging petelur pengembangan usaha (1), bebek paking magelang (1), bebek NTB (1), bebek lokal (1), bebek jawa barat (1), bagaimana cara itik menyeleksi pakan (1), artikel usaha budidaya telur asin (1), alamat peternak bebek sekitar mojokerto (1), alamat peternak bebek di magelang (1), alamat penetasan itik di jawa barat (1), akibat penurunan bebek bertelur (1), agen telur asin mojokerto (1), agen penjual bibit bebek di pulau lombok (1), agen penjual bibit bebek atai itik di pulau lombok (1), agen bebek potong (1), alamat peternak bebek telor (1), alamat peternak itik petelur di daerah jawa tengah (1), artikel ukm di jawa barat (1), artikel tentang itik bali (1), artikel tentang itik (1), artikel kewirausahaan tentang usaha telur asin (1), artikel beternak itik (1), apakah bebek manila dengan itik dapat dikelompokkan jenis yang sama (1), anggaran biaya budidaya itik petelur (1), alamat usaha jangkrik di brebes (1), bebek petelur daerah aceh (1), bentuk artikel peternakan (1), budi daya bebek potong (1), Budi daya Bebek bali (1), bobot badan itik pas panen (1), bisnis ternak telur bebek (1), bisnis ternak magelang (1), bisnis ternak bebek dan resikonya (1), bisnis telur itik dan bebek (1), bisnis telur itik aceh (1), BUDIDAYA BEBEK BALI (1), budidaya bebek di bali (1), budidaya itik petelur di ntb (1), budidaya itik kalung (1), budidaya itik jenis kalung di magelang (1), budidaya hasil pertanian pisang dengan gambar rantai tata niaga (1), budidaya dolong di bali (1), budidaya belut dimagelang (1), budidaya bebek petelur jawa tengah (1), budidaya bebek dibali (1), bisnis sampingan ternak itik telur (1), bisnis peternak itik (1), beternak dolong (1), beternak bebek pedaging (1), beternak bebek pedagang (1), beternak bebek mojosari (1), beternak bebek di bali (1), beternak bebek alabio dijawa tengah (1), berita mengenai usaha ternak bebek (1), Bentuk sentral pembibitan ternak (1), beternak itik dimojokerto (1), biaya beternak bebek 2011 (1), bisnis berternak bebek (1), Bisnis ayam dan ternak bebek (1), bisnas ternak bebek (1), bidang usaha ternak bebek (1), bibit bebek peking mgl jateng (1), bibit bebek dibali (1), biaya usaha bebek pedaging (1), biaya investasi pada usaha bebek pedaging (1), buku pintar ternak itik#p (1), Harga ayam doc jawa daerah mojosari (1), komposisi pakan bebek petelur (1), MAKALAH UNDANG - UNDANG ternak UNGGAS (1), Makalah ternak telur bebek itik (1), makalah ternak itik dengan pakan (1), makalah tentang usaha ternak bebek (1), makalah tentang usaha telur (1), makalah tentang undang-undang yang berkaitan dengan tempat usaha peternakan bidang produksi (1), makalah tentang kewirausahaan telur asin (1), makalah tentang budidaya peternakan unggas di indonesia (1), makalah usaha bebek peking (1), Makalah usaha ternak bebek (1), mencari agen telor bebek 2011 di jawa barat (1), menangani telur produksi dan telur tetas (1), membuat pakan ternak itik dari limbah (1), membuat pakan bebek pedaging (1), membuat bisnis peternakan bebek (1), maximal bebek bali bertelur per tahun (1), materi cara ternak bebek (1), makanan tradisional daerah mojosari (1), makalah seminar pemasaran tentang usaha ternak lele (1), makalah risiko usaha ternak (1), makalah beternak bebek (1), lokasi ternak bebek kayu yang ada di indonesia (1), lokasi peternakan itikdi lombok (1), lokasi peternakan bebek dimagelang (1), limbah tepung terigu untuk pakan ternak (1), konsep ternak bebek (1), KONDISI PETERNAKAN BEBEK DI MOJOSARI MOJOKERTO (1), komposisi pakan ternak itik petelur (1), makalah budidaya bebek (1), makalah industri kerupuk di aceh barat (1), makalah peternakan bebek packing dalam aspek pemasaran (1), makalah peternakan bebek 2011 (1), makalah peternak bebek (1), makalah pakan bebek (1), makalah metode pembuatan pakan ayam atau bebek (1), makalah memelihra itik (1), makalah mahasiswa usaha ternak bebek (1), makalah itik mojosari (1), mencari modal untuk kerjasama perternakan perkebunan perikanan didaerah jawa barat (1), mencari pengepul jangkrik di brebes (1), peluang bisnis ternak di jateng (1), peluang bisnis telur bebek (1), peluang bisnis peternakan bebek (1), peluang bisnis pelihara (1), peluang bisnis itik (1), peluang bertenak bebek (1), peluang bebek telur (1), pelihara itik dolong (1), peluang budidaya bebek (1), peluang dan resiko dalam usaha produksi (1), peluang usaha di daerah Bali (1), peluang usaha di bali 2011 (1), peluang usaha beternak unggas (1), peluang ternak bebek di jawa tengah (1), Peluang penjualan telur bebek (1), peluang pasar ternak itik (1), peluang exsport bebek peking (1), peluang ekspor telur asin (1), pedagang telor bebek solo jawa tengah (1), pedagang bebek di bali (1), pakan alami untuk itk itik pedaging (1), pada umumnya bebek bertelur pada umur (1), pabrik pembuat pakan itik (1), Msa produktif be2k petelur sampai afkir brapa tahun maksimum umur be2k petelur berproduksi (1), mKlH BISNIS BEBEK PACKING (1), meramu dan membuat pakan itik sendiri (1), meningkatkan usaha berternak bebek petelur (1), mendirikan usaha peternakan bebek (1), pakan bebek dari limbah rumah tangga (1), pakan bebek pedaging terdiri dari (1), Pasar Itik Indonesia On Line (1), pasar itik aceh (1), pasar bebek jawa tengah (1), pakan ternak bebek jawa petelur (1), pakan telur bebek mojosari (1), pakan khusus bebek peking (1), pakan bebek usia satu hari (1), pakan bebek potong (1), peluang usaha di ntb (1), keuntungan investasi berternak itik (1), harga bebek di aceh (1), itik jawa tengah (1), itik dinyatakan afkir pada umur berapa? (1), info lokasi bibit bebek peking di mojokerto jatim (1), info bebek kalung magelang (1), info bebek kalung (1), info bebek jawa (1), industri itik dan telur asin di mojokerto (1), ijin mendirikan usaha peternakan menurut undang-undang tahun 2002 (1), itik kalung (1), itik kalung magelang (1), jenis bebek telur (1), jenis bebek indonesia (1), jenis bebek di indonesia (1), izin mendirikan usaha peternakan ayam broiler tahun 2002 (1), itk petelur (1), itik mojosari prospek suplyer telur kebutuhan di indonesia (1), itik mojosari jawa tengah (1), itik magelang umur 2 bulan (1), hasil dari usaha ternak bebek ayam (1), harga ternak itik (1), harga kayu sengon#sclient=psy (1), HARGA JUAL ITIK DI INDONESIA (1), harga itik di lombok (1), Harga Itik di Aceh (1), harga doc ayam kampung di modopuro mojosari mojokerto (1), harga bebek tahun 2011 (1), harga bebek petelu mojokerto indonesia (1), Harga bebek menurut umur (1), harga pasaran bebek muda/dara (1), Harga telor asin jawa timur (1), harga terkini itik dara (1), harga telur bebek jatim (1), HARGA TELUR BEBEK DI JAWA TENGAH (1), harga telur bebek bulan oktober tahun 2011 (1), harga telur bebek 2011 (1), harga telur asin 2011 mojokerto (1), harga telur asin 2011 (1), harga telor bebek di bali (1), Jenis bebek telur asin (1), jenis bebek yg memiliki banyak telur (1), jumlah permintaan bebek di jawa tengah (1), jumlah bebek petelur yang dibutuhkan dijateng (1), judul skripsi usaha ternak (1), jual telur itik/bebek magelang (1), jual telur bebek rp 1000 jawa barat 2011 (1), jual telur bebek peking bali (1), jual telur bebek peking (1), jual Telur bebek MA (1), kampung ternak republika (1), karya tulis peternakan bebek potong (1), kerjasama investasi ternak bebek (1), kerjasama bisnis peternakan jatim (1), Kerjasama beternak itik di amuntai kalsel (1), kelompok ternak unggas yang memproduksi pakan sendiri (1), kelompok ternak itik kedu (1), kelompok tani bebek magelang (1), KEBUTUHAN TERNAK BEBEK (1), kebutuhan pakan bebek peking (1), jual telur asin mojosari (1), jual pakan bebek/itik di bekasi (1), jual anak bebek amuntai (1), jenis-jenis usaha dan resikonya (1), jenis-jenis itik lokal di indonesia (1), jenis-jenis itik (1), jenis-jenis bebek ternak (1), JENIS JENIS TERNAK ITIK DI INDONESIA (1), jenis jenis bisnis peternakan dibali (1), jenis itik (1), JUAL ANAK BEBEK MAGELANG#sclient=psy-ab (1), jual anakan bebek magelang (1), jual itik bebek jawa tengah (1), jual itik alabio di amuntai (1), jual bibit bebek pedaging di brebes (1), jual bebek potong jawa timur (1), jual bebek jambul di bali (1), jual bebek dara mojosari (1), jual bebek bali (1), jual anakan itik paking daerah kalsel 2011 (1), kerjasama ternak bebek peking jawa barat 2011 (1)pembibitan ayam (80), pembibitan unggas (19), resiko dan ketidakpastian dalam usaha ayam pedaging (2), resiko dan ketidakpastian dalam budidaya ayam broiler (2), Budidaya ayam pembibit (2), usaha pembibitan doc (2), PS BINA TERNAK (1), prospek unggas (1), resiko dan ketidakpastian usaha peternakan ayam broiler (1), resiko finansial yang terjadi padausaha ayam broiler (1), apa itu grand parent ayam broiler (1), saha pembibitan ayam ras adalah (1), subsistem budidaya ayam ras petelur (1), syllabus pembibitan unggas (1), teknik pembibitan broiler (1), tentang pembibitan ayam (1), usaha pembibitan ayam broiler/doc (1), prospek penjualan doc (1), prospek keuntungan beternak ayam petelur (1), prospek kedepan bisnis playstation (1), backward and forward linkage industri ayam petelur (1), bisnis pembibitan ayam (1), doc parent stock (1), industri pembibitan ayam (1), klasifikasi beronang (1), makalah tentang ketidakpastian pada usaha peternakan ayam broiler (1), pambibita unggas (1), pembibitan ayam petelur grand parent stock (1), pembibitan ayam ras pedaging parents stock (1), pembibitan pada ayam broiler (1), penentuan sektor umkm untuk pabrik obat hewan (1), perusahaan penghasil bibit ayam ras petelur (1), potensi usaha industri doc parent stock di indonesia (1), usaha perbibitan unggas (1) sistem perkandangan unggas (20), kandang litter (10), perkandangan (9), sistem perkandangan ayam (9), cara membersihkan kandang ayam (4), blower kandang (4), membersihkan kandang ayam (4), makalah perkandangan unggas (4), makalah perkandangan ayam (3), kandang liter (3), tipe atap kandang (3), latar belakang kandang close house (3), perkandangan dan sanitasi ayam petelur (3), kandang ayam sistem blower (3), kandang tertutup kebutuhan blower (2), litter kandang (2), makalh sistem Perkandangan unggas (2), kelebihan kandang litter (2), manajemen perkandangan ayam (2), cara membuat kandang litter (2), apa itu litter pada kandang ayam tertutup (2), blower kandang close house (2), blower untuk unggas (2), system close house (2), blower kandang ayam (2), biaya kandang close (2), memebersihkan kandang ayam (1), manfaat dilakukan kepadatan kandang (1), pembibitan ayam blower (1), slat plastik permeter (1), ternak ayam blower (1), perkandangan ayam sistem closed house (1), kepadatan dalam kandang litter ayam (1), makalah close house ayam petelur (1), ternak ayam tipe close house (1), litter serbuk gergaji (1), litter perkandangan (1), litter pada kandang (1), peralatan dan bahan yang digunaka pada kandang tertutup (1), peralatan kandang (1), sistem atap kandang ayam (1), setting blower close house farm (1), rincian pembuatan kandang tipe close house (1), perlengkapan kandang clouce house (1), perlengkapan alat close house untuk unggas (1), perkandangan sistem litter (1), sistem kandang tertutup (1), perkandangan ayam pembibit (1), perkandangan ayam berdasarkan atap kandang (1), perkandagan ayam (1), usaha peternakan ayam sistem closed house (1), peralatan kandang close house (1), peralatan kandang ayam otomatis (1), sistem litter (1), sistem perkandangan ayam as (1), sistem kandang close house (1), litter basah (1), cara membersihkan kandang ayam petelur (1), cooling pad kandang ayam (1), cooling pad otomatis (1), cooling pad pada kandang closed house (1), fumigasi kandang close house (1), fungsi atap tipe gable adalah (1), fungsi litter pada kandang ayam (1), harga alat bahan kandang close house (1), blower untuk kandang ayam (1), biaya pembuatan kandang ayam close house (1), apakah bahan yang dipakai untuk mencuci peralatan kandang (1), artikel bangunan peralatan kandang ternak unggas (1), artikel manfaat closed house ayam petelur (1), artikel sistem kandang tertutup (1), ayam blower (1), barat timur kandang (1), biaya kandang close house telor (1), biaya kandang closed house (1), jasa bikin kandang close house (1), jual alat kandang close house (1), kelebihan kandang sistem litter (1), kenyamanan kandang unggas (1), kepadatan ayam yang dibutuhkan dalam kandang (1), blower bentuk kandang (1), lantai kandang tertutup (1), latar belakang kandang (1), latar belakang kandang closed house (1), latar belakang sistem kandang ayam petelur (1), kegunaan cooling pad (closed house) (1), kandang twin (1), kandang ayam dengan blower (1), kandang ayam dengan sistim blouwer (1), kandang ayam litter (1), kandang close house (1), kandang closed house (1), Kandang litter adalah (1), kandang littre (1), kandang sistem litter (1), alat perkandangan ayam (1)

Ternak Yang Lain Baca Juga :

5 komentar:

  1. kita jual nutrisi utk unggas, mempercepat pertumbuhan dan menekan angka kematian, hasil nya sangat bagus dan efektif
    fb: nutrisiunggas@yahoo.com
    087759776909

    BalasHapus
  2. cara pengiriman bebek petelur kluar pulau gmn gan..
    tolong infonya

    BalasHapus
  3. Thanks infonya..
    Jngn lupa mamapir kesini ya
    http://www.ternakpertama.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingin bergabung kemitraan bebek pedaging jatim

      Hapus

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...