Jumat, 27 Januari 2012

Panduan Praktis Memulai Usaha Ternak Ayam Bangkok

Ternak Ayam Bangkok | Ayam Bangkok | Beternak Ayam Bangkok | Peternakan Ayam Bangkok | Ternak Ayam | Berternak Ayam Bangkok | Beternak Ayam | Bisnis Ayam Bangkok | Usaha Ayam Bangkok | Peternak Ayam Bangkok

Usaha Ternak Ayam Bangkok
Usaha Ternak Ayam Bangkok sudah ada dan berkembang dari dulu kala. Dan sampai dengan sekarang, jenis usaha beternak Ayam bangkok ini seakan tidak ada batasnya dan memang akan begitu seterusnya.
Bagi anda yang hobby dengan memelihara ayam bangkok, maka hal ini sekaligus bisa anda jadikan usaha sampingan anda.
Perlu anda ketahui bahwa, di pasar, Ayam Bangkok ini selalu ada peminatnya. Dengan kata lain, permintaan akan jenis ayam ini selalu ada.
Usaha Ternak Ayam Bangkok mepunyai pasar tersendiri, dan para peng-hobby selalu bertambah.
Kita bisa mencoba peluang usaha ternak Ayam Bangkok (beternak ayam bangkok) ini dengan modal kecil.

DISKUSI AYAM DI FACEBOOK

SEJARAH AYAM BANGKOK
Ayam bangkok pertama kali dikenal di Cina pada 1400 SM. Ayam jenis ini selalu dikaitkan dengan kegiatan sabung ayam (adu ayam). Lama-kelamaan kegiatan sabung ayam makin meluas pada pencarian bibit-bibit petarung yang andal.
Pada masa itu, bangsa Cina berhasil mengawinsilangkan ayam kampung mereka dengan beragam jenis ayam jago dari India,Vietnam,Myanmar,Thailand dan Laos.Para pencari bibit itu berusaha mendapat ayam yang sanggup meng-KO lawan cuma dengan satu kali tendangan.

Memulai Usaha Beternak Ayam Bangkok
Untuk memulai usaha ternak ayam bangkok alangkah baiknya Anda memahami akan manfaat dari ayam bangkok tersebut, disamping untuk menyeleksi induk yang mau dijadikan usaha ternak ayam bangkok, juga agar supaya Anda mengetahui dengan jelas arah pasar dan harga jual ayam bangkok, tanpa itu semua akan sulit.
Anda memasarkan hasil ternak ayam bangkok. Juga harga jualnya tidak bisa mahal, lain kalau Anda sebelum menerjuni usaha ternak ayam bangkok sudah dikenal para penghobby ayam bangkok, terutama para bebotoh aduan.
Lain halnya, kalau Anda langsung usaha ternak ayam bangkok, modal yang Anda keluarkan untuk membeli indukan akan mahal sedangkan hasil belum tentu sesui dengan selera pasar, penjualan akan sulit.

Tehnik Memilih / Mencari Bibit Ayam Bangkok yang Bagus / Baik / Unggul
Dalam mencari ayam bangkok santai saja jangan terburu – buru, datangi tempat – tempat peternakan jangan bilang kalau Anda mau mencari ayam, katakan hanya sekedar ingin tahu soal ayam bangkok yang baik,
Pancing peternak/penjual bibit tersebut tentang induk pejantanya apakah sudah pernah menang belum juga jagan ketinggalan tanya masalah harga.
Jika semua sudah Anda dapatkan dan ada yang baik menurut kategori Anda jangan langsung dibeli, tunggu beberapa hari untuk membeli, dengan demikian Anda bisa membandingkan dengan hasil peternak yang lain. kalau semua rencana sudah matang Anda akan mendapatkan ayam yang sesui dengan selera Anda juga yang dimaui pasar, bahkan mungkin dengan harga yang murah. atau Anda datang ke pasar ayam pantau sewaktu penjual mencoba ayam – ayam mereka.
Bahkan bila Anda sudah benar – benar cepat ingin mendapatkan ayam untuk usaha ternak ayam bangkok, Anda bisa mendatangi tempat sambung ayam pilih yang juara (menang) Anda akan mendapatkan induk penjatan yang siap untuk usaha ternak ayam bangkok, akan tetapi dengan jalan tersebut harga sudah mahal.
Untuk memulai usaha ternak ayam bangkok perlu persiapan kandang. Disini Anda bisa pesan atau membuat sendiri. Kandang bisa terbuat dari bambu atau kawat ram. Pilih yang sesuai dengan kemapuan Anda, juga tempat usaha ternak ayam bangkok.
Masalah ukuran kandang disesuikan dengan lahan yang ada.kandang usaha ternak ayam bangkok dengan ukuran T 150cm X P100 cm X L80cm sudah cukup, lebih besar akan lebih baik.jadi ukuran kandang usaha ternak ayam bangkok tidak ada ukuran baku.
Untuk memperoleh hasil usaha ternak bangkok yang baik di perlukan indukan yang baik minimal sebagai pejantan pernah menang dalam sabung ayam, sedang induk betina pilih minimal umur 1 tahun.
Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina.
Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi.
Induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan.
Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas, Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induknya atau ditetaskan di dalam mesin tetas.
Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha berskala besar, terutama peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan dengan mesin tetas dapat mempercepat kapasitas produksinya.
Telur akan menetas setelah dierami oleh induknya selama 21 hari.
Anak ayam yang baru menetas bisa ditempatkan dikandang postal setelah berumur dua hari.
Kandang postal anak ayam dilengkapi dengan pemanas yang berfungsi sebagai induk buatan.
Usaha ternak Ayam bangkok memiliki segmen pasar yang berbeda ada yang membeli untuk ayam aduan ada yang sebagai hobby dan ada yang juga untuk tujuan komersial.
Satu hal yang perlu diperhatikan dalam Usaha ternak ayam bangkok, cara mengawinkan ayam bangkok adalah tidak mengawinkan saudara sekandung (berinduk sama). Namun perkawinan antara induk (F1) dan anak (F2) masih diperkenankan. Begitu juga dengan perkawinan antara induk (F1) dan cucu (F3).

Pemberian Pakan Usaha Ternak Ayam Bangkok
Untuk ayam kutukan yamg baru menetas bisa Anda berikan pakan por 511 dicampur dengan kosentrat, atau por pakan ayam pedaging. perbandingan 1 X 1/2 agar supaya cepat tumbuh besar akan tetapi hasil kurang baik.itu semua bisa diatasi nanti kalau sudah agak besar dengan jalan umbaran.
Sedangkan pakan bagi yang sudah dewasa cukup dengan jagung tiap hari 1 X.

Tips Memilih Ayam Bangkok yang Baik/Bagus :
  • Pilih ayam yang berbadan tegap, atletis, kulit kasar seperti kulit buah jeruk menandakan ayam tersebut tahan rasa sakit,
  • Jenger blangkon menandakan hatinya besar bermental baja,
  • Kalau yang memiliki pukulan besar apabila ayam yang dipegang badanya lantas diangkat kakinya mengatung semua, lakukan beberapa kali kalau terus digantung hampir pasti ayam tersebut memiliki pukulan besar sedangkan yang jalu posisi jalu dekat dengan cakar, apalagi kalau didukung bawah ceker tumbuh seperti sisik (batu rantai).
  • Untuk menghindari kekalahan dalam laga adu ayam, perlu sekali di perhatikan cara tidurnya, posisi tidur ayam yang mau diadu untuk besok pagi atau siangnya. Kalau pada malam tidur dengan kepala di sembunyikan, walau kondisi ayam sudah baik atau siap tarung alangkah baiknya jangan diadu dulu tunda beberapa hari lagi akan tetapi apabila posisi tidur ayam pada malam harinya tidak menyembunyikan kepalanya itu pertanda ayam siap diadu.
  • Kalau Anda mengadu ayam seperti itu peluang untuk menang besar sekali.resep ini sudah beberapa kali Saya coba, selama ini membuahkan hasil yang memuaskan, Anda perlu mencobanya.

Keuntungan Usaha Ternak Ayam Bangkok :
  • Bisa dilakukan dengan modal kecil, sehinga cepat balik modal BEP
  • Perawatan tidak sulit
  • Keuntungan yang didapat besar
  • Pasar tebuka lebar selain penghobby
  • Dalam mencari pekan tidak sulit karena sudah tersedia di toko – toko

Kelemahan atau Kekurangan Usaha Ternak Ayam Bangkok :
  • Hewan unggas mudah terserang penyakit, begitu juga dengan ayam bangkok
  • Hasil dari usaha ternak ayam bangkok tidak di sukai selera pasar.
  • Sering terjadi pencurian terhadap ayam.
  • Adanya penyakit dengan istilah Aratan.
  • Hasil usaha ternak ayam bangkok banyak yang betina dari pada pejantan.

Asumsi usaha ternak ayam bangkok :
Biaya Investasi
  • Pembuatan kandang Rp 500.000,00
  • Pembelian Induk pejantan Rp 250.000,00
  • Pembelian 4 induk betina @ Rp 100.000,00
  • 4 X Rp 100.000,00 = Rp 400.000,00
  • Jumlah biaya intestasi Rp 1.150.000,00
  • Biaya tidak tetap
  • Pakan selama 7 bln Rp 750.000,00
  • Obat – obtan dan lain – lain Rp 100.000,00
  • Jumlah biaya tidak tetap Rp 850.000,00
  • Hasil produksi dari 1 Induk @ 7 ekor pejantan dengan harga lancur Rp 150.000,00
    @ 3 ekor betina dengan harga dara Rp 50.000,00
  • Keuntungan dari 4 induk
    7 ekor X 4 X Rp 150.000,00 = Rp 4.200.000,00
    3 ekor X 4 X Rp 50.000,00 = Rp 600.000,00
  • Jumlah keuntungan = Rp 4.800.000,00
  • Keuntungan bersih usaha ternak ayam bangkok dalam jangka 7 bulan
    Rp 4.800.000,00 – Rp 2.000.000,00 = Rp 2.800.000,00
 sumber : http://ayahama.com/panduan-praktis-memulai-usaha-ternak-ayam-bangkok

Ternak Yang Lain Baca Juga :

8 komentar:

  1. Saya sebagai pemula usaha ternak ayam bangkok dengan 2 jantan dan 5 betina merasa senang karena sudah mulai produksi walaupun secara alami baru 2 bulan ini (Januari - Februari 2013). Terima kasih atas informasi budidaya ayam bangkok di atas. Salam bagi seluruh penggemar ayam bangkok. (Mushowir Boyolali)

    BalasHapus
  2. terimaksih info sangat bermanfaat ,,,,

    BalasHapus
  3. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI RUSLAN SALEH DI NMR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    BalasHapus
  4. • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000
    • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000
    • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000
    • Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 2.400.000
    • Harga Burung Murai Nias MH - Rp. 600 .000 – Rp. 800.000
    • Harga Burung Murai Nias umur 2 bulan -Rp. 1.000.000
    • Harga Burung Murai Medan MH - Rp. 1.100 – Rp. 800.000
    • Harga Burung Murai Lampung MH - Rp. 700 .000 – Rp. 500.000
    • Harga Burung Murai Lampung umur 2 bulan - Rp. 1.000 .000
    • Harga Burung Murai Borneo MH umur - Rp. 300.000 – Rp. 400.000
    • Harga Burung Murai Borneo umur 2 bulan - Rp. 600.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 3 s/d 4 minggu - Rp. 850.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 5 s/d 6 minggu - Rp. 900.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 7 s/d 8 minggu - Rp. 1.100.000
    • Harga Burung Medan Jantan umur 9 s/d 10 minggu - Rp. 1.400.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 500.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 6 s/d 9 minggu - Rp.750.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 800.000
    • Harga Burung Medan Betina umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 1.000.000
    Nama Penangkar: CHANDRA Alamat: PERUM CITRA GARDEN II Blok J 8 No: 3 PEGADUNGAN – KALIDERES JAKARTA – BARAT
    Jumlah Kandang: 1
    Jenis yang di tangkarkan:
    Cara Pesan HUB:085293999216

    BalasHapus
  5. [cara membobol internet banking]
    setahun sdh saya menjalankan teknik ini dan sd menghasilkan jutaan rupiah,
    bagi anda yang berminat dengan tools ini akan saya berikan maaf tapi gk gratis
    karena skript ini saya buat sangat lama sekali, hasil dari try and error pribadi yg ckp lama. Selalu saja ada celah dan kelemahan utk sistem keamanan internet banking nasional kita, karena dari sistem keamanan utk masing2 internet banking beda2, maka skript ini saya buat beda2 juga tergantung dari layanan internet banking bank nasional yang ada saat ini. Bagi anda yang ingin skript ini saya bisa lsg datang KESINI
    terakhir gunakan skript ini dengan sangat bijak dan hati2, jangan SERAKAH karena cara ini lambat laun akan segera ketahuan, utk masing2 skript ini saya jual terpisah dan saya hargai sangat mahal sekali (5jt/skript) dan itu terbatas utk 5 org saja demi kelancaran dan keamanan kita bersama. Cara kerjanya cukup mudah tinggal download skriptnya>lalu aktifkan softwarenya>pilih nama bank yang akan kamu jadikan korban>tentukan jumlah nominal yang ingin kamu sedoot..dan tinggal...OKE yang berminat Silahkan unduh skript ini sesuai dgn layanan internet banking yang ada seperti dibawah ini:

    skript BCA


    skript MANDIRI


    skript BNI


    skript BRI


    skript BTN


    skript MEGA


    skript BIIMaybank


    skript DANAMON


    skript CIMB Niaga


    skript Bukopin


    skript bank jatim


    skript bank jateng


    skript Bank DKI


    skript Muamalat Indonesia


    skript Sinarmas


    skript Syariah Mandiri


    skript Syariah Mega Indonesia


    skript Multi Arta Sentosa



    TERAKHIR PESAN SAYA:
    SEKALI MOHON GUNAKAN SKRIPT INI DGN HATI2 DAN SANGAT BIJAKSANA
    DEMI KELANCARAN KITA BERSAMA, JGN LUPA SEBAGIAN DARI REJEKI ANDA
    SALURKAN UTK SEDEKAH UTK TABUNGAN AKHERAT ANDA...SEMOGA BERMANFAAT DAN TETAP SEMANGAT




































































































































































































































































































































































































    ...........................................OKEE............................................
    HANYA UNTUK YG SERIUS SAJA LINKNYA DIBAWAH INI YA!!!!
    >>>> Skript Mbobol Internet Banking <<<<

    BalasHapus

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...