Rabu, 07 Agustus 2013

KONSUMSI PAKAN Pada AYAM KAMPUNG

Pemberian kuantitas dan kualitas pakan pada ayam berbeda-beda untuk setiap jenis rasnya. Ketepatan pemberian pakan akan dapat menambah bobot ayam kampung asli dengan baik. Disamping pemberian pakan, pemberian Probiotik, Herbal, Vitamin, dan Asam Amino merupakan suatu keharusan agar bobot dapat dicapai dengan maksimal dan efisien.
Peternak dapat menggunakan beberapa produk yang sudah tersedia di pasaran seperti Promix, Probio, EM4, Jampistresa, Nutri Simba, Viterna, Orange, Curtamol, Vitakur (dapat anda peroleh di Maju Bersama Poultry Shop).

Untuk memulai ternak atau breeding ayam kampung asli ada baiknya kita ketahui tentang kebutuhan pakan untuk ayam kampung asli per ekor seharinya. Mengetahui kebutuhan pakan untuk ayam ini sangat penting dalam tata cara beternak ayam kampung. Kebutuhan pakan untuk ternak ayam kampung asli ini membutuhkan 70% dari modal kita beternak. Jadi untuk memaksimalkan pendapatan dari hasil beternak kita harus jeli memilih pakan yang berkualitas namun tetap murah. Menurut Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian DKI Jakarta Tahun 1996 kebutuhan ayam dibagi menjadi 2. Yaitu kuantitas dan kualitas pakan ayam untuk ayam kampung asli.

1. Kuantitas
Adalah jumlah kebutuhan ayam dihitung dari jumlah yang dibutuhkan setiap harinya. Kuantitas di sini bukan berarti banyaknya kandungan gizi yang ada di pakan, tetapi jumlah pakan yang dibutuhkan ayam kampung asli

2. Kualitas
Adalah jumlah kebutuhan gizi ayam dihitung dari jumlah kebutuhan kalori, vitamin, mineral dan lain sebagainya untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangan ayam kampung asli. Untuk poin 2 (dua) ini tentang kebutuhan pakan yang mengandung zat tertentu sudah kami tulis pada kebutuhan nutrisi ayam kampung

Kuantitas (jumlah pakan yang dibutuhkan)  ayam

Untuk memenuhi kebutuhan pakan ayam kampung asli kita bisa membaginya berdasarkan umur ayam. Berbeda umur dan berat kebutuhan pakan akan nutrisi atau gizi juga berbeda. Berikut ini kebutuhan pakan akan nutrisi ayam berdasarkan umur

Menurut sumber lain kebutuhan pakan ayam kampung berdasarkan umur yaitu :
Umur 1 Minggu :   7 gr/ekor/hari
Umur 2 Minggu : 19 gr/ekor/hari
Umur 3 Minggu : 34 gr/ekor/hari
Umur 4 Minggu : 47 gr/ekor/hari
Umur 5 Minggu : 58 gr/ekor/hari
Umur 6 Minggu : 66 gr/ekor/hari
Umur 7 Minggu : 72 gr/ekor/hari
Umur 8 Minggu : 74 gr/ekor/hari

Dilihat dari daftar di atas memang kebutuhan pakan ayam kampung lebih sedikit daripada ayam ras. Ini dikarenakan ayam kampung memang memerlukan ransum dan nutrisi yang selalu berkurang saat ayam berlarian atau beraktifitas. Beda dengan ayam ras yang hanya sedikit beraktifitas.

Pemberian pakan dan juga kebutuhan pakan atau ransum untuk ayam kampung asli disesuaikan dengan jenis atau sistem pemeliharaan. Dengan pemilihan sistem pemeliharaan berarti berbeda pula kebutuhan ransum atau pakan. Artinya kebutuhan pakan ayam kampung adalah kondisional berdasar sistem pemeliharaan.

*) Data diambil dari berbagai sumber. Jika terjadi perbedaan itu hanya faktor penghitungan saja. Bukan patokan resmi. Namun pada kenyataannya kebutuhan pakan ayam akan lebih sedikit dan lebih besar tergantung bagaimana pemeliharaan. Pemenuhan kebutuhan pakan akan mempengaruhi pada berat ideal ayam kampung asli. 

Ternak Yang Lain Baca Juga :

2 komentar:

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...