Jumat, 21 Februari 2014

Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : Jombang dan Kelor

Jombang (Taraxacum officinale)

Jombang tumbuh liar di lereng gunung, tanggul, lapangan rumput, dan di daerah yang berhawa sejuk. Tanaman ini mengandung taraxasterol, taraxacerin, taraxarol, kholine, inolin, pektin, koumestrol, asparangin mineral (copper, besi, magnesium, fosfor, dan sulfur), serta vitamin (A, B1, B2, C, dan D).
Untuk pencegahan penyakit, sebanyak 0,3 - 0,6 gram daun jombang dicacah halus dan dicampur air 100 ml, kemudian dicampurkan dalam pakan. 
Untuk penyembuhan penyakit, 60 gram daun jombang dicacah halus dicampur air 1 liter dan digunakan untuk perendaman ikan yang sakit.
Jombang dapat membunuh bakteri Aeromonas hydrophila penyebab penyakit bercak merah pada ikan air tawar. Air rebusan jombang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengaktifkan makrofag, merangsang pembentukan limfosit, dan memfasilitasi pembentukan antibodi.

Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni.

Kelor (Moringa oleifera Lamk.)

Kelor tumbuh di Madura, Jawa, Sumatera, dan Ternate. Tanaman ini mengandung minyak behen, minyak terbang, myrosine, emulsine, alkaloida pahit tidak beracun, serta vitamin A dan B1. 
Kelor dapat membunuh bakteri Aeromonas hydrophila penyebab penyakit bercak merah dan Streptococcus agalactiae penyebab penyakit dengan gejala berenang tidak beraturan, mata menonjol, dan badan kehitaman.
Caranya, 5 gram daun dicacah halus dicampur air 100 ml. Hasil saringannya dicampur air dan digunakan untuk perendaman ikan yang sakit.

Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Diskusi Pengobatan Ikan di Facebook : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=629810350409773&set=a.629809820409826.1073741828.206350232755789&type=1&relevant_count=1
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press

Ternak Yang Lain Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...