Selasa, 14 Januari 2014

Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : Gamal, Liridiyah dan Gelang, Krokot

Gamal, Liridiyah (Gliricidia sepium)

Tanaman ini banyak dijumpai tumbuh liar di pekarangan rumah atau lahan yang tidak terurus. Zat yang terkandung adalah saponin, flavonid, dan polifenol.
Fungsinya untuk mencegah gangguan hama dan predator, seperti ikan liar, ular, burung, kepiting, dan katak.
Dosis penggunaananya, 6 kg daun dicacah, dicampur dengan air, hasil saringannya dimasukkan ke dalam kolam dengan luas 100 m2. Dua hari kemudian bangkai predator akan mengapung, air dibuang dan diganti 2-3 kali hingga air tidak berasa pahit lagi.
Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni.

Gelang, Krokot (Portulaca uleraceae)

Tanaman ini merupakan gulma di perkebunan serta tumbuh liar pada pekarangan dan tepi jalan. Krokot diperkirakan berasal dari Brazil.
Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini adalah garam kalium (KCl, KSO4, dan KNO3), kalsium, fosfor, iron, katekolamin (norepinephrine, dopamine, dan dopa) nicotimic aced, tonin, saponin, mucilage, karoten, vitamin (A, B1, B2, dan C), serta asam lemak omega 3. 
Fungsinya membunuh bakteri penyebab keradangan, bengkak, dan luka, serta radang usus.
Caranya, 1,5 - 3 kg daun segar dicacah halus dicampur dalam pakan dan diberikan untuk 100 kg ikan.

Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Diskusi Pengobatan Ikan di Facebook : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=629810350409773&set=a.629809820409826.1073741828.206350232755789&type=1&relevant_count=1
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press

Ternak Yang Lain Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...