Rabu, 17 Juli 2013

Cara Berternak Lebah Madu


Cara berternak lebah madu adalah usaha ternak lebah madu, ada bermacam type cara berternak lebah madu yang layak diterapkan. diantaranya adalah cara berternak lebah madu rimba (apis dorsata), cara berternak lebah madu lokal ( apis cerana ), dan cara berternak lebah madu unggul ( apis mellifera ). lebah unggul, cocok namanya, yang sangat disenangi pasar. Type ini lebih produktif dibanding lebah lokal, juga lebih jinak. Racun pada sengatnya amat sesuai untuk penyembuhan beragam penyakit. lebah yang dibudidayakan oleh umumnya peternak didunia ini, awalannya, datang dari daratan eropa.
cara berternak lebah maduModal yang dibutuhkan menurut cara beternak lebah madu yaitu knowledge base didalam beternak lebah madu. Adapun investasi modal terus yang dibutuhkan didalam aktivitas budidaya lebah madu sepanjang lebih dari satu periode pemanenan yaitu alat-alat produksi dan koloni lebah madu sekurang-kurangnya 40 kotak–idealnya yaitu 100 kotak koloni lebah madu–.

Penentuan bibit lebah madu type unggul memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
1. Memiliki ratu lebah yang fisiknya bagus dan berumur pada 3 bln. sampai 1 th..
2. Jumlah dan mutu telur, yang dihasilkan ratu lebah, banyak.
3. Hasil panen semakin banyak, baik hasil madu, bee pollen, royal jelly, dan propolis.
4. Larva lebah yang dihasilkan lebih segar.
5. Lebah umumnya lebih agresif.

Memperbanyak koloni lebah madu
Didalam beternak lebah madu supaya membuahkan keuntungan yang optimal, seorang peternak lebah madu kudu mempunyai–minimal–100 kotak koloni lebah madu.
Beberapa langkah untuk menambah jumlah koloni lebah madu yaitu seperti berikut :
1. gembalakan lebah madu pada lokasi yang di sana ada pakan cukup banyak. dengan tersedianya pakan yang cukup jadi ratu lebah akan semakin banyak membuahkan telur dan lebah pekerja juga lebih giat bikin sarang baru.
2. mempersiapkan calon ratu lebah madu untuk diletakkan didalam koloni lebah madu yang baru.
3. memisahkan koloni lebah madu yang telah padat ke didalam kotak koloni lebah madu yang baru, dan meletakkan calon ratu lebah baru atau ratu lain yang telah menjadi.

Memilih calon ratu lebah
1. Ambillah larva lebah madu yang baru menetas ; usia 1 hari.
2. Masukan ke didalam satu potong frame royal jelly.
3. Frame royal jelly yang telah terisi larva lebah madu diletakkan pada kotak super ( kotak lebah madu yang diisi koloni lebah madu, sekurang-kurangnya 2 tingkat ).
4. Sekat/pisahkan kotak super lebah madu tersebut, ratu lebah ada di kotak bawah, dan frame royal jelly calon ratu lebah madu diletakkan pada kotak atasnya. karena, ratu lebah madu tidak dapat mendekati calon ratu lebah madu.
5. Diamkan sepanjang 11 hari sampai calon ratu lebah jadi kepompong.
6. Sesudah sebelas hari, calon ratu lebah dipindahkan ke kotak lebah yang besisi koloni lebah tanpa ada ratunya.
7. Sesudah 13 hari, calon ratu lebah keluar kepompong dan segera diangkat jadi ratu lebah oleh koloni lebah tersebut
8. Umumnya, sesudah seminggu, ratu lebah siap untuk kawin dan mengembangkan koloni lebah yang baru di area tersebut.

Peralatan beternak lebah madu
1. Kotak lebah, yang adalah area koloni lebah madu, terbuat dari kayu suren atau mahoni ;
2. Alat pengasap untuk menjinakan lebah madu yang agresif ;
3. Masker pelindung serangan lebah madu ;
4. Pengungkit sisiran ;
5. Sikat sisiran lebah madu ;
6. Sisiran yang terbuat dari rangka kayu dan di dalamnya diberi kawat jadi penahan landasan sarang lebah madu ;
7. Pollen trap untuk panen bee pollen ;
8. Frame royal jelly untuk panen royal jelly dan bikin calon ratu lebah ;
9. Ekstraktor untuk panen madu.

Penggembalaan lebah madu
Pada bln. mei sampai september yaitu waktu peternak lebah menggembalakan lebah madunya ke perkebunan-perkebunan yang sediakan pakan lebah madu cukup banyak.
Peternak lebah madu di pulau jawa, biasanya, menggembalakan lebah madu ke perkebunan karet, kapuk, rambutan, lengkeng, mangga, kopi, dan duwet, hingga dihasilkan madu menurut spesifikasi type bunga.
Pada bln. mei hinga september inilah waktu peternak lebah madu nikmati manisnya pendapatan dari hasil lebah madu, layaknya : madu dari beragam type bunga, bee pollen, dan royal jelly.
Sesudah bln. september, peternak lebah madu alami waktu paceklik, lantaran musim madu sudah melalui. untuk menutupi cost perawatan lebah madu, biasanya, peternak menggembalakan lebahnya ke perkebunan jagung. disini, peternak lebah madu bisa menghasilkan bee pollen jagung dan royal jelly.

Hambatan yang biasa dihadapi peternak lebah madu  diantaranya :
1. Faktor alam ( cuaca ).
Th. 2012, banyak peternak lebah madu yang gulung tikar disebabkan cuaca yang tidak menentu. jadi misal, keadaan yang dialami peternak lebah yang pada th. pada mulanya umumnya dapat memanen madu kelengkeng lebih kurang bln. september. dengan anggapan tersebut, peternak lebah madu akan menggembalakan lebahnya ke tempat ambarawa. tetapi, disebabkan cuaca yang tidak menentu, nyatanya pohon kelengkeng gagal berbunga.
Peternak yang telah terlanjur membawa koloni lebahnya ke area tersebut pasti akan rugi besar. tak hanya cost tarnsportasi yang mahal, juga banyak lebah yang mati kelaparan.
2. Lingkungan masyarakat.
Masyarakat indonesia banyak yang berasumsi peternak lebah madu jadi hama tanamannya, hingga sebagian masyarakat akan mengusir peternak lebah madu yang masuk ke area perkebunannya. jikalau lalu diizinkan, sewa tempat jadi area beternak lebah amat mahal.
Perihal ini pasti amat tidak sama dengan peternak lebah madu di luar negeri. peternak lebah justru dicari buat membantu penyerbukan perkebunan dan diberi upah lantaran sudah menolong menambah hasil produksi pertaniannya.
Syarat untuk sukses didalam usaha ini cukup dengan menimba pengetahuan dan mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki perihal kehidupan koloni lebah. contohnya :
- Suhu ideal yang sesuai untuk lebah yaitu lebih kurang 26 derajat c. pada suhu ini, lebah bisa beraktivitas normal.
- Pada suhu diatas 10 derajat c, lebah masih beraktivitas.
- Kehidupan koloni di lereng pegunungan/dataran tinggi yang bersuhu normal ( 25 derajat c ).
- Lokasi menurut cara berternak lebah madu yang baik  yaitu area terbuka, jauh dari keramaian, dan banyak ada bunga jadi pakannya.

Artikel yang terkait dengan cara berternak lebah madu adalah : cara berternak lebah madu, cara ternak lebah madu rimba, bibit lebah madu, ilmu ternak lebah madu, budidaya ternak lebah, manfaat ternak lebah, hasil berternak lebah madu, cara berternak lebah madu download, ilmu ternak lebah madu, cara beternak lebah madu, artikel cara berternak lebah madu, usaha lebah madu, cara berternak lebah madu pdf, beternak lebah madu kesehatan, video cara berternak lebah madu, cara berternak lebah madu lokal, cara berternak lebah madu unggul.
kandang lebah madu, cara memanggil lebah, manfaat madu untuk kenari, jenis anggrek madu, anggrek madu, jual ratu lebah, jual ratu lebah madu, manfaat madu utk kenari, Cara membuat rumah lebah madu, langkah-langkah melukis bunga anggrek, pentet pikatan, peternak cacing di indonesia, kandang lebah madu terbaru, Ciri ciri ratu lebah, alamat peternak kenari di jakarta, INFO PETERNAK kenari klaten, cara sukses beternak lebah cerana, gambar anggrek madu, Manfaat larfa bagi burung, manfaat madu bagi burung kicau, penyebaran lebah madu, manfaat madu untuk kucing, manfaat madu utk burung kicau, manfaat madu bagi kucing, manfaat madu untuk burung kenari

Ternak Yang Lain Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...