Rabu, 24 Agustus 2011

Cara Supaya Bibit Bebek (Meri) Bertahan Hidup

Petunjuk pemeliharaan ini ditujukan untuk DOD umur 1 s.d. 20 hari. Anak bebek (meri), pada hakekatnya bisa bertahan hidup tanpa makanan sampai umur 1 – 3 hari karena masih memiliki kandungan makanan pada tubuhnya. Akan tetapi mereka tetap harus dipelihara secara seksama dan hati-hati. Berikut ini beberapa petunjuk praktis pemeliharaan anak bebek:

1. Siapkan kandang untuk anak bebek. Usahakan kandang telah bersih dari segala macam hal yang dapat mengancam kehidupan anak bebek. Kandang harus dapat menghangatkan anak bebek, berikan lampu untuk penghangat dan usahakan dinding kandang tertutup sehingga tidak ada angin dari luar yang masuk ke dalam kandang.

2. Apabila bibit bebek (meri) didatangkan dari tempat jauh, setalah tiba ditempat jangan langsung diberi makan terlebih dahulu, berilah minuman berupa air gula jawa, hal ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh meri. Setelah satu jam baru diberi makan berupa konsentrat seperti BR1 dan 511.

3. Pada umur 1 – 20 hari pertumbuhan anak bebek sangatlah cepat, jadi jangan lupa beri vitamin pada asupan makanan atau minuman, vitamin bisa berupa cairan seperti NASA POC atau berupa bubuk seperti Vitachick.

4. Sesuaikan suhu kandang dengan pertumbuhan anak bebek, penggunaan lampu dapat dihilangkan apabila sudah tidak diperlukan lagi.
Usahakan kondisi kadang selalu bersih, kandang yang kotor akan mendatangkan penyakit yang dapat membunuh anak bebek, buatlah lantai kandang yang berlubang (kawat ram atau bambu) sehingga kotoran bebek bisa langsung jatuh, pastikan lubang yang ada tidak membuat kaki bebek terjepit.
Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan, mudah-mudahan dapat berguna untuk anda semua.

Salam,

Bersama Kita Maju ! Maju Bersama :
Parsaoran Siburian, S.T.

GUNAKAN SEARCH ENGINE INI UNTUK MENEMUKAN ARTIKEL ANDA :
Loading

Logitech Keyboards

Ternak Yang Lain Baca Juga :

1 komentar:

Mari Berbagi Ilmu Disini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...